Berani Berubah Di Masa Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 menghantam semua sektor yang mengakibatkan ekonomi menjadi caruk maruk.

Untuk bisa bertahan hidup di masa sulit ini kita harus Berani Berubah. Berani mengambil keputusan untuk :

  1. Mengubah jenis usaha jika usaha yang sudah ada itu tidak lagi menghasilkan atau kalaupun masih menghasilkan tapi tidak bisa menutupi semua kebutuhan hidup.
  2. Memperluas/menambah usaha. Untuk teman-teman yang sayang untuk menutup usaha yang selama ini sudah dirintis baiknya lakukan diversifikasi usaha. Mulai dari kecil-kecilan saja dulu mengingat pandemi ini sudah menghantam dahsyat keuangan kita. 

Teman-teman...Sebelum pandemi saya jualan fashion tapi setelah beberapa bulan pandemi menghantam, penjualan menurun sampai 90%. Saya berpikir, memutar otak apa yang harus dilakukan agar ada tambahan pemasukan selain dari bisnis fashion.

Pameran sebelum Pandemi COVID-19


Ide pertama yang muncul adalah usaha minuman. Mengapa tidak ? Modal yang diperlukan tidak terlalu besar. Akhirnya Jadi deh usaha minumannya.



Beberapa hari setelah usaha minuman itu berjalan muncul ide lagi, usaha kue. Ya kenapa tidak ? Sebelum pandemi sekali-sekali saya buatkan pesanan kue dari teman-teman dekat. Dan akhirnya saya putuskan untuk usaha kue juga.




Kedua usaha ini Pre Order (PO). Jadi tidak akan menimbulkan kerugian.
Agar kedua usaha ini dikenal, saya post di beberapa medsos. Saya tidak pernah bosan memposting jualan saya karena saya tidak tahu post mana yang bisa mendatangkan rezeki untuk saya.

Demikian cerita saya, bagaimana saya harus melewati masa sulit pandemi COVID-19 dengan Berani Berubah.

Tetap semangat ya teman-teman💪

Jika ada ide segera wujudkan, jangan tunggu orang lain yang memulai dan sukses lebih dahulu  Ratna Dg Bunga ~

Salam Berani Berubah 👏

Makassar, 27 Juli 2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Story about me

Perbedaan Body Lotion, Body Cream Dan Body Butter

Mengapa Butuh Hand Cream ?